Saturday, December 7, 2019

Tutorial Install Game PSN (PKG + RAP) Di PS3 HEN Terbaru



Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan pada kalian cara menginstall game PS3 dengan Type PSN di PS3 HEN terbaru yang sebenarnya sangat mudah sekali tanpa perlu menggunakan tools sejenis reActPSN atau Resigner seperti PS3 HAN yang sebelumnya, namun ada 2 syarat penting yang harus kalian penuhi sebelum mengikuti tutorial kali ini yaitu : 

* Pastikan PS3 yang akan kalian gunakan sudah memiliki akun PSN dan sudah Teraktivasi, Khusus buat kalian yang belum mempunyai akun PSN silahkan kalian buat terlebih dahulu kemudian Login dan aktivasi Game pada pengaturan akun PS3. Namun buat kalian yang sudah memiliki akun PSN dan sudah pernah aktivasi silahkan skip saja cara ini

* Pastikan Game PSN yang kalian download memiliki file RAP, Jika game tersebut tidak memiliki file RAP sebaiknya jangan di download karena gamenya tidak akan dapat kalian mainkan seperti gambar dibawah ini walaupun berhasil di install sekalipun





Jika kalian sudah memenuhi syarat diatas berikut adalah tutorialnya :

1. Game PSN yang saya gunakan disini adalah Battle Stadium D.O.N yang sudah diekstrak dan hasilnya lengkap sudah terdapat file Game bersama file RAPnya juga. (Lihat Gambar 1)




2. Silahkan sambungkan FD/HDD format FAT32 ke PC/Laptop kalian kemudian Copy dan Paste file gamenya, pastikan file game yang kalian Paste tersebut berada diluar/tidak berada didalam Folder apapun. (Lihat Gambar 2, 3, 4)






3. Selanjutnya kalian buat Folder baru pada FD/HDD format FAT32 yang kalian gunakan tersebut dengan nama exdata. (Lihat Gambar 5, 67)






4. Sekarang kalian Copy dan Paste file RAP kedalam Folder exdata yang baru dibuat tadi pada FD/HDD format FAT32. (Lihat Gambar 8, 9, 10, 11, 12)








5. Sekarang kalian nyalakan PS3 kalian dan sambungkan dengan FD/HDD format FAT32 yang sudah kalian masukan file Game dan RAPnya tadi, setelah itu Enable HEN. (Lihat Gambar 13 & 14)





6. Selanjutnya masuk ke Package > Install Package Files > Standard kemudian Install file Game tersebut sampai Completed. (Lihat Gambar 15, 16, 17)






7. Jika penginstallan Gamenya sudah completed kalian jangan dulu cabut atau melepas FD/HDD format FAT32 dari PS3, cukup biarkan saja kemudian kalian langsung buka Game yang baru diInstal tadi. (Lihat Gambar 18)




8. Jika gamenya sudah benar-benar jalan barulah sekarang kalian dapat mencabut FD/HDD format FAT32 yang sedang kalian gunakan ini dari PS3. (Lihat Gambar 19)




9. Done, sekarang gamenya sudah dapat kalian mainkan dan pastinya Work 100%. (Lihat Gambar 20 & 21)







Jika Game PSN/PKG yang akan kalian Install Sizenya melebihi dari 4 GB silahkan kalian Install dulu menggunakan IRISMAN lihat caranya > DISINI <. Jika file PKG Gamenya sudah berhasil terinstall tinggal kalian tancapkan lagi FD/HDD format FAT32 yang sudah berisi File RAP Gamenya setelah itu langsung buka saja Game tersebut, Done.


Note +:
Berhubung kolom komentar yang ada pada Blog ini dinonaktifkan dengan alasan kebaikan bersama untuk menghindari komen tidak sopan, rasis, promosi iklan, link virus/tautan berbahaya, spam dan sebagainya, maka berikut saya sebagai Admin sudah memprediksi beberapa pertanyaan yang akan kalian berikan beserta jawabannya atau biasa disebut sebagai Questions & Answers :


Q: Min, bisa tidak install beberapa game PSN sekaligus dengan cara ini ?. . .
A: Untuk Game PSN Official PSN PS3 saya pastikan bisa karena nama setiap file RAPnya berbeda. Namun untuk Game hasil Convert dari PS2 ke PS3 yang saya buat disini kalian harus menginstallnya satu persatu karena nama file RAP setiap gamenya sama dan tidak boleh di Replace, Disini perlu kalian ketahui walaupun nama file RAPnya sama namun sebenarnya isi Lisensi yang ada di dalamnya berbeda.

Q: Tutorial ini bisa tidak diterapkan untuk game PSN Official PS3 lainnya seperti CARS 3 ? . . .
A: Tentu saja bisa, semua game dengan Type PSN baik yang Official PSN PS3 atau hasil Convert dari PS2 ke PS3 yang saya buat disini pun bisa asal ada file RAPnya

Q: Min, PS3 HEN yang kamu gunakan versi berapa ? . . .
A: PS3 yang saya gunakan saat ini versi 3.0.0, namun untuk PS3 HEN versi lama/dibawah pun bisa menggunakan tutorial ini.

Q: Tutorial ini bisa tidak untuk PS3 HAN ? . . .
A: Tidak bisa, jika PS3 kamu masih versi HAN silahkan update ke HEN saja atau gunakan cara lama yaitu dengan Me-Resigner terlebih dahulu.

Q: Tutorial ini bisa tidak untuk PS3 CFW ? . . .
A: Saya belum mencobanya pada PS3 CFW, tapi sepertinya tutorial ini akan work juga jadi silahkan kalian coba pada PS3 CFW kalian.

Q: Apakah setiap ingin memainkan/membuka game PSN yang sudah di install masih membutuhkan FD/HDD yang ada file RAPnya lagi ? . . .
A: Tidak perlu karena File RAPnya sudah otomatis masuk ke Internal PS3 saat pertama kali kamu membuka gamenya, Sudah saya jelaskan juga diatas pada tutorial no.7 dan no.8

Q: Apakah setiap ingin memainkan game PSN yang sudah di install harus Enable HEN terlebih dahulu ? . . .
A: Ya harus, terutama saat PS3 dalam keadaan baru dinyalakan lagi agar tidak muncul notif error lisensi atau semacamnya

Q: Min PS3 kan bisa langsung memainkan game PS2 yang berformat ISO, nah kira - kira  lebih bagus mana game PS2 berformat ISO atau PKG untuk PS3 ? . . .
A: Ya betul sekali sebenarnya PS3 sudah bisa langsung memainkan game PS2 berformat ISO, tapi perlu diketahui tidak semua game akan work dengan sempurna ada yg tidak bisa dimainkan sama sekali/Blackscreen, Freeze di tengah permainan, Sound game terkadang delay dengan gamenya, dan Bug lainnya. Sedangkan game PS2 dengan format PKG baik yang Official rilis PSN atau yang saya Convert disini sebelumnya sudah dimasukan Config khusus pada tiap game saat proses Convert ke PKG, sehingga game PS2 tersebut dapat dipastikan berjalan dan bisa dimainkan pada PS3. Perlu diketahui juga game PS2 yang sudah berformat PKG sangat minim Bug yang muncul atau bahkan tidak ada sama sekali, beda dengan game yang masih berformat ISO




Jika ada link mati atau bermasalah silahkan lapor pada kolom komentar Fanpage kami > Disini <


+ :
Karena banyak juga yang request game" pkg lainnya yang mungkin belum sempat Admin Share, maka akan Admin usahakan untuk update terus game" pkg kedepannya, Jadi kunjungi terus blog ini mungkin saja game yang kalian request yang akan Admin share berikutnya.


2 comments: